Jumat, 27 Agustus 2010

Kesotoyan seorang newbie yang menggebu-gebu



Wah...akhirnya setelah beberapa minggu ga nulis akhirnya kembali lagi...

Nah, entri kali ini gua pengen cerita tentang pengalaman gua sendiri seperti yang udah gua janjiin buat gua ceritain pas di entri "first time meet blue" tentang kesotoyan gua pas first roll...

so langsung aja to the stories...

Ketagihan mencet shutter, menurut gua adalah suatu gejala yang wajar yang biasa dialamin mayoritas para newbie pemegang kamera macem gua....ga mencet shutter sehari aja dah kaya orang ga minum aer seharian...pokoknya motret apa aja dah....dari objek yang pantes dijepret sampe yang ga penting pun dijepret...dari rumah sampe ke kampus pun gua bawa2 terus holga gua...nah akhirnya pun satu rollpun habis dengan cepatnya oleh tangan seorang pemula ini...

Setelah itu gua waktu itu nyari2 lab foto mana yang bisa cuci film murah tapi bagus alhasil ketemu lah suatu lab foto yang lumayan kondang namanya di bilangan roxy sana, namanya "standard foto" dan emang itu tukang foto ga usah ditanya lagi keprofesionalannya dalam bidang jepret menjepret kliatan dari pas masuk gedungnya. Tukang foto ini dah sering banget dipake buat foto potret para pejabat pemerintahan negara dari bang yos sampe RI 1 dah pernah difoto sama standar foto ini malah mereka juga dah ngeprint foto potret bang yos(kalo ga salah) sepanjang kurang lebih 7 meteran, jadi biar nama standar tapi kualitas ga standar...tapi yang nyebelinya mnurut gua mbaknya rada rese...mungkin dah biasa ngelayanin yang berjas dan berdasi kali ya...liat gua yang cuma pake kaos dan bercelana jeans paling dianggap cuma anak muda biasa yang paling dateng2 cuma mau nyetak foto narsisannya seukuran dompet...padahal misi gua sangatlah mulia, yaitu menyelamatkan warisan nenek moyang fotografi yaitu memotret dengan film...tapi yawda lah lanjut lagi ke benang merahnya...jadi langsung aja gua minta buat cuci / PO film gua dan emang ternyata harganya lumayan murah cuma 8ribu tapi sayangnya buat menikmati hasil first roll, gua musti nunggu 3 hari buat dapet hasilnya soalnya katanya yang cuci film dah jarang jadi musti dioper ke pusatnya malah yang lebih miris lagi katanya abis lebaran aja(kebetulan gua cucinya bbrapa hari sblm lebaran tiba) mereka dah ga terima lagi buat cuci film, sedih banget gua gan...inikah sebuah pengkhianatan dari jaman digital atas sebuah warisan fotografi yang sangat bernilai??

3 Haripun berlalu....

Pas hari H siangnya gw kesitu buat ambil hasil first roll gua yang sangat fenomenal...perasaan deg2an, seneng dan penasaran semua jadi satu, seperti biasa lah layaknya nubi korban iklan yang menggebu-gebu ga sabar buat liat hasil first roll holganya...ngebayangin hasil fotonya macem kaya di iklannya dengan hasil foto ala lomo, saturasi yang kontras, kesan dreamy, vignette dan juga bonus sprocket hole pada film 35mm...

Lalu gua pun langsung memberi bon bukti ke mbak2 yang rada judes itu buat ambil hasil cucian gua tapi ini bukannlah ending dari sebuah cerita ini, disinilah klimaksnya...Gua terkejut pas mbaknya bilang...

"Wah rollnya ga bisa saya gunting hasilnya ketimpa-timpa"

Gua pun menjawab dengan "sotoynya"...

"Iya mbak emang hasilnya begitu" (maksudnya hasilnya multi ekposure kaya contoh hasil di iklan2 holga)

Padahal liat hasil klisenya aja blom udah ngemeng gitu aja...bener2 sotoy abis nih nubitol, mungkin itu kali yang ada dibenak si mbak denger jawaban gua kaya gtu...

Akhirnya si mbak pun ngasih gunting ke gua biar gua bisa gunting sendiri tuh klise...Alhasil pas gua liat klisenya gua pun ga bisa berkata satu ucapun...dan mulutpun diam seribu bahasa sambil keringat menetes karena panasnya suhu ruangan....Ternyata eh Ternyata!! Multi Eksposure yang dimaksud dan diimpikan pun laen banget sama yang kaya di iklan2 contoh sample hasil holga pada umumnya...Jadi entah filmnya ga nyangkut dengan baik atau emang muter filmnya ga bner itu frame satu sama yang lainnya ketiban satu sama lain...jadi klo diitung2 dari sekitar 30 kalian gua mencet shutter jadinya cuma 8 frame doang, sisanya kosong melompong...OMAIGAD.....pucuk dicinta ulampun malah ngibrit entah kemana, hasil yang diimpikan malah jadi bgini benar2 tak dinyana...akhirnya pun gua dengan masih merasa bangga memberikan klise hasil guntingan gua ke mbak tadi buat dicetak dan ini hasilnya...










cuma bbrapa yang berhasil dan masih ada lagi yang lebih mengerikan dan blom gua aplod...sambil menghibur diri ya bilang aja itu bagian dari seni fotografi baru jaman sekarang :P

Tapi ya itulah namanya pengalaman senantiasa tak habis2nya mengajarkan kita untuk jadi lebih baik....Karena klo misal kan kejadian ini gak terjadi mungkin gua ga akan pernah akan lebih berhati2 saat nyangkutin ujung film ke kamera dan mungkin foto2 di atas yang anggep aja "bagian dari seni fotografi baru jaman sekarang" itu ga pernah tercipta... so jangan putus asa dalam memulai sesuatu...klo ada pengalaman serupa dengan gua, saat mencicipi pertama kali si holga dan ternyata gagal, itu sudah wajar hampir semua orang mungkin mengalaminya....namanya juga kamera lo-fi bukan digital yang tinggal jepret jadi, klo jelek apus...so, nikmatilah pahit manisnya analog and that's so fun...  :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar